Dark
Light
Dark
Light

Kesuksesan Tergantung Usaha Masing-masing, Wisudawan UIN Jakarta Didorong Jalankan Keahlian

Kesuksesan Tergantung Usaha Masing-masing, Wisudawan UIN Jakarta Didorong Jalankan Keahlian

Jakarta, Arina.id -- Para wisudawan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta didorong untuk dapat menjalankan keahlian yang dimiliki. Lebih-lebih, pada era sekarang sudah terjadi perluasan profesi.

Demikian salah satu pesan yang disampaikan perwakilan Ikatan Alumni UIN Jakarta (Ikaluin), Syafiq Hasyim, pada hari kedua sidang senat terbuka wisuda ke-132, Minggu (9/6/2024).

Alumnus Leiden University tersebut mengaku pesan tersebut berangkat dari kebingungannya dahulu tentang apa yang harus dilakukannya pascawisuda. 

Syafiq menegaskan bahwa kesuksesan di masa depan berada pada usaha tiap-tiap individu. Alumni dan dosen memang berperan mendorong semangat para wisudawan. Namun, kesuksesan tersebut memerlukan syarat yakni para wisudawan juga ikut mengusahakan kesuksesannya.

“Adik-adik sekalian, saya kira ucapan saya dapat diambil menjadi motivasi. Namun, saya lebih percaya kepada proses daripada motivasi,” ujar Syafiq.

Di hadapan 685 wisudawan. Syafiq mengatakan, tanpa Indeks Penilaian Kumulatif (IPK) yang tinggi, wisudawan dapat memaksimalkan skripsinya menjadi yang terbaik. Hal ini sesuai dengan pengalaman Syafiq sendiri.

“IPK saya waktu itu hanya 3,54, tapi skripsi saya dibukukan oleh penerbit Mizan dan dapat penghargaan buku terbaik di bidang humaniora pada 2005,” jelas Syafiq yang saat menempuh pendidikan Sarjana di UIN Syarif Hidayatullah belajar di Fakultas Ushuddin (FU).

Ia pun berharap dapat bertemu dengan para wisudawan di arena berbeda sebagai kolega dengan keadaan sukses selalu. 

Tak ketinggalan, Syafiq memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan.

“Sekali lagi, selamat menempuh hidup baru sebagai sarjana. Ini bukanlah akhir dari segalanya (mungkin)  minggu ini kalian dapat tertidur enak, namun seminggu kemudian mulai pusing apa yang harus dilakukan,” tegas anggota Ikaluin peraih penghargaan kategori pemikiran keagamaan tersebut.

Home 1 Banner

Edukasi Lainnya

Home 2 Banner