Dark
Light
Dark
Light

Doa Dijauhkan dari Fitnah dan Kezaliman

Doa Dijauhkan dari Fitnah dan Kezaliman

Doa agar dijauhkan dari fitnah dan kezaliman bisa menjadi salah satu doa rutin yang dibaca oleh umat Islam. Pasalnya, sebagai makhluk sosial kita tidak akan bisa lepas dengan orang lain dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Setiap hari akan terjadi interaksi dan komunikasi yang intensif.

Dari sekian banyak orang yang dikenali dan ditemui, tentu tidak semuanya akan menyukai kita. Sebaliknya, mereka pun tidak akan semuanya membenci kita. Semua orang akan memandang kita secara subjektif sesuai dengan apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan .

Bagi orang yang tidak menyukai, bisa jadi dalam hatinya tertanam iri dengki atau ada kesalahan yang kita lakukan baik secara sengaja maupun tidak sehingga tumbuhlah perasaan negatif pada orang tersebut. Salah satu perilaku yang akan dilakukan oleh orang yang tidak menyukai kita adalah berbuat zalim, menebar berita bohong atau bahkan fitnah.

Untuk mengantisipasinya, kiranya umat Islam membaca doa agar dijauhkan dari fitnah dan kezaliman. Di antara doa tersebut adalah doa yang dipanjatkan Nabi Musa saat menghadapi kezaliman Firaun sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an Surat Yunus ayat 85-86, sebagaimana berikut:

رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ ، وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanâ lâ taj‘alnâ fitnatal lil-qaumidh-dhâlimîn. wa najjinâ biraḫmatika minal-qaumil-kâfirîn

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim. Selamatkanlah pula kami dengan rahmat-Mu dari kaum yang kafir.

Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab Tafsir Al- Munir (Beirut: Darul Ma‘rifat, 2009) Juz VI, halaman 261 memberikan penafsiran terkait makna dalam doa pada ayat ke 85 sebagaimana berikut:

  1. “Ya Allah janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang yang zalim.”
  2. ”Ya Allah janganlah Engkau perlihatkan orang-orang zalim kepada kami, sehingga mereka menganggap bahwa mereka benar dan mereka menjadikan kami sebagai sasaran fitnah.”
  3. “Ya Allah janganlah Engkau berikan orang-orang zalim kekuasaan atas kami sehingga mereka menjadikan kami sebagai sasaran fitnah.”

Selanjutnya, makna doa yang terkandung dalam Surat Yunus ayat 86 adalah: “Ya Allah selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya dan kejahatan orang-orang kafir.”

Itulah doa agar dijauhkan dari fitnah dan kezaliman. Diharapkan dengan membaca doa ini kita bisa terhindar dari fitnah dan kezaliman yang bisa membawa bahaya dan mudarat. Wallahu a’lam.

Home 1 Banner

Doa Lainnya

Home 2 Banner